Kue Bikang

Kue Bikang

kue bikang

kue bikang

Kue bikang merupakan jajanan tradisional yang masih bisa bertahan di tengah maraknya jajanan modern. Mari kita tanamkan rasa cinta terhadap jajanan tradisional Indonesia, enak ko ga kalah ama jajanan modern yg kebanyakan namanya keren2. heuheuhe…

Bahan :

  • tepung beras 500 gram
  • tepung terigu protein sedang 125 gram
  • tepung tapioka/ kanji 50 gram
  • gula pasir 400 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok
  • santan 1300 ml dari 2 butir kelapa
  • daun pandan 3 lembar
  • garam secukupnya
  • pewarna makanan hijau secukupnya

Cara membuat :

  1. Campur tepung beras, terigu, tapioka dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Rebus santan, daun pandan dan garam hingga mendidih, angkat.
  3. Ambil santan sebanyak 1200 ml, tuang dalam campuran tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tambahkan telur, aduk rata. Tutup adonan dengan kain atau plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  4. Tambahkan pewarna makanan warna hijau, aduk rata.
  5. Panaskan cetakan cara bikang, tuang adonan. Masak hingga matang. Angkat (tidak perlu dicukit), oles bagian bawah bikang dengan sisa santan. Letakkan di atas sudi dan dinginkan.
  6. Bikang siap disajikan…..

Selamat mencoba……………

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

40 Responses

  1. namadaDecember 3, 2008 at 9:52 amReply

    :hiks: jadi kangen masakan mami…

  2. hariankuDecember 3, 2008 at 11:52 amReply

    nanti bikin bareng yah mba dirumah saya, sekalian ajarin cara buat nya :P heheh…, aku tak tunggu mateng nya, kabur ah sebelum dilempar kue bikang :P

  3. Pangki FernandesDecember 3, 2008 at 1:20 pmReply

    Ternyata buatnya itu gampangnya… Cuma sayangnya aku gak isa praktek. Maklum Anak Kost. Gk punya cetakannya. Padahal suka banget sama Kue basah 1 ini.

  4. Author

    inforesepDecember 5, 2008 at 4:33 amReply

    @jovie
    than’k you for visiting my blog

    @suwung
    moso?? tuh komengnya ada 2

    @Masenchipz
    minta??? beli donk!!

    @JelajahiDuniaEly
    hehe..di toko banyak tuh..yuk beli sama2

    @jadul
    silahkan di copy

    @casual cutie
    iya enak2

    @mohawkboyz
    kue bikang tu jajanan pasar..ga tau nih asalnya dr mana

    @Hellen
    jajanan indonesia emang mantabb rasanya. sama nih lapar jg

    @bang diod
    suka pisang goreng juga??? iya ne lg mau maen

    @seno
    makasih ya udah luangin waktunya berkunjung ke inforesep

    @suwung
    yg bener??? kue serabi laen lg lo. dasar woeng woeng…

    @Bang Kumis
    bikang alergi ama kumis bang

    @Indra Putu Achyar
    than’k you atas kunjungan baliknya

    @Deny
    maantabbb abisss…mau lagi…lagi…lagi…

    @Blog PTC
    krn yg buat wanita..hehe

    @Taktiku
    bkn temen lg. malah sodara..makanya kl ks koment giliran.

    @Mas Koko
    kue bikang murah meriah mas. bahannya jg sederhana

    @Rizoa
    ta kirim ke email ya kuenya

    @Majik
    bikin sama sama yuuuuk

    @Lala
    iya mba mantab….eh, ko blog mba lala bs dibuka cm pak klik postingan ko ga ada isinya??

    @preme
    sama donk

    @latqueire
    iya mba. tepung kanji = tepung sagu = tepung tapioka

    @Yusa
    wah maaf mas, sy jg kaga tau asal muasal kue bikang

    @- s L i K e R s –
    kue betina? krn kedengerennya aneh makanya dinamain kue bikang ya mas. mgn aja ne kue asalnya dr sunda

    @rusakparah
    ga mau ah…ntar ga disain lg

    @Anang
    selamat mencobaa

    @nara
    wow…kue bikang jd langka donk

    @adeska
    hehe sy jg..enak sih

    @suwung
    tuh kue lumpur..resep terbaru lo wung

    @namada
    minta dikirimin mami dunk

    @harianku
    mending dijual aja deh kuenya, sayang pake lempar org. heheh

    @Pangki Fernandes
    beli cetakannya donk..di pasar banyak kynya

  5. geRrilyawanDecember 5, 2008 at 6:36 amReply

    wah nggak ada peralatannya nih saya kalo mau bikin….jajan aja deh. ada tuh tukang kuwe2 yang jual bikang…. :nglamun:

  6. RhakatezaDecember 8, 2008 at 6:13 amReply

    wah kue kesukaanku tuh!

    :sip:

    minta ijin save, mo dikasih ke calon bini.
    hehehhe

  7. wi3ndDecember 10, 2008 at 3:46 amReply

    waaa..carabikan9 yaa..?
    suka neeh?da jaran9 nemuin ne kue…:mendolo:

    tapi daku nda !sa bikin kue neehh….

    *makasii uda sin99ah diharumhutan ya..:)*

  8. departaDecember 11, 2008 at 4:54 amReply

    :melet: nie kue salah satu yang paling saya suka, di Bali mirip ama Kue LAK_LAK. Muatap deh :D

  9. syaifudinzuhriDecember 14, 2008 at 3:03 amReply

    kalo dirumahku warnanya merah sama putih jarang nemui warna ijo, itu kesukaan saya waktu kecil:hihi:

  10. claraAugust 28, 2009 at 6:20 amReply

    iiiihhh…uuwweeennaaakzzzz bngt sich nie kue.. pntezz bwt buka puazza niech…!!!???:-)

Leave a Reply