Resep Pelecing Kangkung

Resep Pelecing Kangkung

inforesep_pelecing-kangkung

Pelecing Kangkung adalah salah satu masakan yang cukup populer di Lombok – Nusa Tenggara Barat. Tak heran jika para wisatawan domestik jika berkunjung ke pulau Lombok, pasti selalu menyempatkan diri untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Saya adalah orang Lombok, dan saya suka sekali Pelecing Kangkung. Pedasssnya mantapp….

Resep Bahan Pelecing Kangkung :

  • kangkung 150 gram, siangi
  • kacang panjang 50 gram, siangi
  • taoge 50 gram, siangi
  • kacang tanah 3 sendok makan, goreng
  • air 1 liter

Resep Bumbu Pelecing Kangkung :

  • cabai rawit 10 buah
  • tomat 1 buah
  • terasi 1/2 sendok teh
  • garam secukupnya
  • gula pasir 1/2 sendok teh
  • air jeruk limau 1/2 sendok teh

Cara Membuat Pelecing Kangkung :

  1. Didihkan air, rebus sayuran bergantian hingga matang dengan urutan taoge, kacang panjang dan kangkung. Angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan sema bumbu hingga rata.
  3. Atur kangkung, taoge, kacang pancang dan kacang tanah di atas piring saji. Tambahkan bumbu halus dan bumbu kelapa di atasnya.
  4. Sajikan.

Untuk 3 porsi

Tips :
Bumbu kelapa dibuat dari kelapa sedang parut yang dibumbui bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, daun jeruk, dagarm dan gula. Dimatangkan dengan cara dikukus.

Selamat mencoba

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

7 Responses

  1. Resep Ayam Bakar Taliwang | InfoResep.com - Share food & beverage receipt | Berbagi info resep masakan onlineMay 3, 2009 at 6:33 amReply

    […] Bakar Taliwang. Mmmmm…bikin ketagihan. Pedasnya itu lo….Apalagi dimakan dengan Pelecing Kangkung dan Beberuk. Mantapppp….Ah jadi ngiler lagi deh. Yuk […]

  2. LaksmiMay 21, 2009 at 2:47 amReply

    mas/mbak kok tau resep masakan lombok?aku ini orang lombok loh

    salam
    laksmi

  3. gadiz_salamOctober 24, 2009 at 6:16 pmReply

    waaah sedap, awalnya saya pikir hasilnya mengingatkan saya seperti sajian pecel jawa timur tapi ternyata hmm… setelah dipraktekkan. lezaaat. terimakasih inforesep..

  4. pipikDecember 14, 2009 at 6:47 pmReply

    aku sm tmn2 srng kmpl smbl menyantap mskn khas lombok ayam taliwang&pelecing kangkung tp ada sdkt bd nih dgn rsp yg tertulis diatas pelecingnya ga pk bumbu kelapa tuh tp ttp ga mengurangi kelezatannya

  5. nancyFebruary 4, 2010 at 6:39 pmReply

    mbak, resepna kok agak beda dikit ya ma pelecing yg bnyak dibuat org lombok n kok kangkungna ga ijo bgt. apa mbk slh rebus? bwt dapetin warna ijo kangkung, stlh air mdidih tambahkn garam dikit trus kangkungnya duluan bukan jd yg takhir.

  6. niaFebruary 19, 2011 at 4:51 pmReply

    iyaaa bner tuh si mbak pipik n nancy,, mestinya pake bumbu kelapa diatas pelecing sebelum diguyur ma sambel terasi nya… klu masak kangkung, pancinya jgn dtutup n klu mndidih ditaburin garam.. jadi warna nya tetap hijau, gag coklat…

  7. desyNovember 1, 2012 at 2:30 pmReply

    A must try recipe

Leave a Reply